Selasa, 11 Desember 2012

essay ekonomi

  1. Tuliskan ciri-ciri pasar persaingan sempurna dan pasanglah sebuah  gambar pasar persaingan sempurna!
  2. Tuliskan ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna dan pasanglah sebuah gambar pasar persaingan tidak sempurna!
  3. Tuliskan ciri-ciri pasar oligopoli dan pasanglah sebuah gambar pasar oligopoli
  4. Tuliskan ciri-ciri pasar tenaga kerja!
  5. Tuliskan ciri-ciri pasar faktor produksi !
Jawaban:


  1.  Pasar persaingan sempurna disebut juga pasar persaingan murni adalah pasar di mana terdapat banyak penjual dan pembeli dan mereka sudah sama-sama mengetahui keadaan pasar.
          Pasar persaingan sempurna memiliki ciri-ciri berikut ini.
         1) Banyak penjual dan pembeli.
         2) Barang yang diperjualbelikan sejenis (homogen).
         3) Penjual maupun pembeli memiliki informasi yang lengkap tentang pasar.
         4) Harga ditentukan oleh pasar.
         5) Semua faktor produksi bebas masuk dan keluar pasar.
         6) Tidak ada campur tangan pemerintah. 


    2. 
  • - Hanya terdiri dari 1 produsen / penjual.
  • - Tidak butuh strategi dan promosi untuk sukses.
  • - Hanya ada satu jenis produk tanpa adanya alternatif pilihan.
  • - Sangat sulit untuk masuk ke pasar karena peraturan undang-undang
  •   maupun butuh sumber daya yang sulit didapat.
  • - Harga dan jumlah kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh
  •   perusahaan bersekala besar.
  • - Tidak ada perusahaan yang dapat membuat barang substitusi yang sempurna.
  • - Harga ditentukan oleh perusahaan.
  • - Pembeli tidak punya pilihan lain dalam membeli barang.
  • - Ada bannyak pembeli.
  • - Membuat hambatan yang besar bagi pesaignya yang akan masuk.





                       3. Pasar oligopoli adalah pasar yang hanya terdiri atas beberapa penjual untuk suatu barang tertentu, sehingga antara penjual yang satu dengan yang lainnya bisa memengaruhi harga. Contoh:
perusahaan menjual mobil dan sepeda motor, perusahaan rokok, industri telekomunikasi, dan perusahaan semen. Pasar oligopoli mempunyai ciri-ciri berikut ini.
a) Hanya terdapat sedikit penjual, sehingga keputusan dari salah satu penjual akan memengaruhi penjual lainnya.
b) Produk-produknya berstandar.
c) Kemungkinan ada penjual lain untuk masuk pasar masih terbuka.
d) Peran iklan sangat besar dalam penjualan produk perusahaan. 





 


      4. ciri-ciri : seluruh aktivitas dari pelaku-pelaku untuk mempertemukan pencari kerja dengan lowongan kerja, atau proses terjadinya penempatan dan atau hubungan kerja melalui penyediaan dan penempatan tenaga kerja. Pelaku-pelaku yang dimaksud di sini adalah pengusaha, pencari kerja dan pihak ketiga yang membantu pengusaha dan pencari kerja untuk dapat saling berhubungan.








  44. ciri-ciri : seluruh aktivitas dari pelaku-pelaku untuk mempertemukan pencari kerja dengan lowongan kerja, atau proses terjadinya penempatan dan atau hubungan kerja melalui penyediaan dan penempatan tenaga kerja. Pelaku-pelaku yang dimaksud di sini adalah pengusaha, pencari kerja dan pihak ketiga yang membantu pengusaha dan pencari kerja untuk dapat saling berhubungan.
Penawaran tenaga kerja berasal dari pencari kerja atau rumah tangga konsumen. Kurva penawaran ini memiliki slope positif, yang berarti semakin tinggi upah yang ditawarkan, maka semakin besar pula penawaran tenaga kerja dan sebaliknya.

Sementara, permintaan tenaga kerja berasal dari perusahaan pemberi kerja atau rumah tangga produksi. Kurva permintaan memiliki slope yang negatif, yang berarti semakin tinggi upah, maka semakin kecil permintaan terhadap tenaga kerja dan sebaliknya


5
a)Tidak berwujud fisik tetapi kegiatan

b)Permintaan dan penawaran faktor produksi dilakukan dalam jumlah besar

c)Jenis penawaran danpermintaan faktor produksi sesuai dengan produksi yg dihasilkan

d)Penawaran faktor kadang merupakan monopoli sedangkan permintaan faktor produksi bersifat kolektif.